Cek Koneksi Internet Dengan NetCheck

Sebenernya nyambung gak sih ini??? Kadang pertanyaan tersebut muncul, saat kita membuka sebuah halaman web dan tidak ada respon apa-apa, padahal koneksi internet sepertinya udah nyambung, tapi kok gak bisa membuka halaman web. Kondisi seperti ini bisa diakibatkan banyak hal, kalo menurut saya sih prinsip ada 2 hal mendasar, yang pertama ada masalah dengan koneksi internet kita dan kedua masalah pada server (website) yang kita tuju... Untuk mengujinya, kita bisa mencoba membuka alamat website lainnya, apakah menemui masalah yang sama (tidak mau dibuka juga), termasuk mencoba alamat website lokal (servernya di lokal Indonesia) atau internasional (luar negeri). Jika website lain bisa dibuka, berarti masalah ada pada server website yang kita buka pertama tadi (yang tidak memberikan respons), tapi jika sama saja semua gak kebuka, berarti koneksi kita yang bermasalah.

Dengan cara di atas (mencoba membuka alamat website lain) kita bisa menemukan masalahnya, hanya saja terlalu lama. Berikut ada sebuah software sederhana yang bisa membantu kita untuk melakukan cek koneksi internet yang kita pergunakan. Software tersebut adalah NetCheck, software gratis ini dibuat oleh DiamondCS. Fungsi dasar dari software ini adalah melakukan cek terhadap koneksi internet kita dengan menguji DNS (Domain Name System) website tertentu dan TCP (Transmission Control Protocol) di sistem komputer kita, prinsip kerja software ini hampir sama dengan Ping.

Penggunaan software ini sangat mudah, karena kita hanya butuh menekan satu tombol saja untuk bisa mengetahui hasilnya, yaitu tombol Start pada panel NetCheck.



Otomatis NetCheck akan meresolve DNS dari server yang telah ditentukan sekaligus melihat apakah sistem kita bisa melakukan koneksi internet dan terhubung dengan server yang dituju. Jika berhasil maka pada hasil tes akan menunjukkan ALL OK, ini berarti koneksi internet kita berjalan normal tidak ada masalah.

Hasil tes tersebut menggunakan dasar server website tertentu (defaultnya Google dan Microsoft), website ini bisa kita ganti atau tambahkan melalui file cetcheck.ini. Buka file netcheck.ini menggunakan notepad, di sini kita bisa mengganti atau menambahkan alamat website tertentu. Sebagai contoh saya tambahkan alamat website ariawijaya.com, maka NumDNS dan NumTCP nilainya saya ganti menjadi 3, dan saya tambahkan DNS3=www.ariawijaya.com serta TCP3=www.ariawijaya.com:80, setelah itu simpan, dan jalankan NetCheck kembali.








Untuk alamat website tidak harus menggunakan alamat website seperti pada umumnya (www) tapi bisa juga menggunakan alamat IP dari server tertentu (jika kita mengetahui alamat IP-nya).

Informasi lebih lanjut dan download software ini bisa dilihat di Software Info.

Oke, demikian informasi singkat ini, semoga bermanfaat.